Senin, 27 Februari 2012
Minggu, 26 Februari 2012
contoh soal essay
Essay 5 soal
1. Membuat puisi bebas sesuai ilustrasi
Suatu hari aku dipanggil kepala sekolah,
ternyata aku diberi hadiah karena berhasil meraih nilai tertinggi sewaktu TO.
Aku sangat senang karena hadiah tersebut cocok untuk hadiah yang akan kuberikan
untuk ibu.
Kejutan untuk Ibu
Hari ini
Hadiah tuk ibu kan terwujud
Melalui nilai TO
Kuraih hadiah itu
Beasiswa
Yang kan meringankan beban ibu
2. Menulis berita (5w+1H) sesuai ilustrasi
Sebuah pohon tumbang saat pulang sekolah,
tidak ada korban.
Hari Kamis, 23 Februari 2012 sebuah pohon
tumbang sekitar pukul 15.00. Peristiwa tersebut terjadi di depan halte Polres.
Jakarta Utara. Diduga angin kencang yang menyebakannya. Pada saat tumbang .
tidak ada orang di halte tersebut sehingga tidak ada korban.Menurut saksi mata
pohon tersebut sudah tua.
3. Menulis surat pembaca sesuai data
Data kantin sekolah:
-
Lantai kotor
-
Wastafel
tidak mengalir
Fasilitas Kantin Rusak
Pada saat istirahat, kami melihat keadaan kantin yang
sangat mengecewakan. Lantai kantin terlihat sangat kotor. Air di wastafel tidak
mengalir.
Untuk itu, kami sangat mengharapkan kepada petugas
kebersihan untuk lebih memperhatikan kebersihan lantai dan perbaikan wastafel.
Jeremi
Kelas 9.6
4. Menyadur cerpen ke naskah drama
-
Latar
-
Dialog sesuai cerpen, tulis seperti naskah drama
(kutip dua)
-
Kalau ada bentuk laku / emosional pakai tanda kurung
5. Naskah bagian pidato perpisahan kelas 9
Bagian pembuka / isi/ penutup
Pembuka:
Selamat pagi
Yth. Kepala Sekoalah , wakil kepala
sekolah, staf. guru dan karyawan, serta teman-teman yang saya banggakan.
Marilah kiota panjatkan puji syukur
kehadirat Tuhan YME karena-Nya kita bisa berkumpul di sini tanpa halangan sesuatu apapun. Terima kasih ,
saya ucapkan atas kesempatan yang diberikan pada saya untuk menyampaikan pidato
mewakili kelas 9.
Skor Penilaian
1.
Kesesuaian
teks puisi dengan ilustrasi, skor tertinggi 10
Indikator
|
Skor
|
Sangat
sesuai sekali
|
10
|
Sesuai
|
8
|
Cukup sesuai
|
6
|
Kurang sesuai
|
4
|
Tidak sesuai
|
2
|
2.
Kesesuaian teks berita dengan ilustrasi dan
lengkap unsurnya, skor tertinggi 10
Indikator
|
Skor
|
Sangat
sesuai sekali dan lengkap
|
10
|
Sesuai dan lengkap
|
8
|
Cukup sesuai dan lengkap
|
6
|
Kurang sesuai dan lengkap
|
4
|
Tidak sesuai dan lengkap
|
2
|
3.
Kesesuaian teks drama dengan kutipan cerpen
serta teknik penulisannya, skor tertinggi 10
Indikator
|
Skor
|
Sangat
sesuai sekali dan teknik penulisannya
|
10
|
Sesuai dan teknik penulisannya
|
8
|
Cukup sesuai dan teknik penuliasannya
|
6
|
Kurang sesuai dan teknik penulisannya
|
4
|
Tidak sesuai dan dan teknik
penulisannya
|
2
|
4.
Kesesuaian surat pembaca dengan data dan
bentuknya, skor tertinggi 10
Indikator
|
Skor
|
Sangat
sesuai sekali dan bentuknya
|
10
|
Sesuai dan bentuknya
|
8
|
Cukup sesuai dan bentuknya
|
6
|
Kurang sesuai dan bentuknya
|
4
|
Tidak sesuai dan bentuknya
|
2
|
5.
Kesesuaian teks pidato dengan ilustrasi, skor
tertinggi 10
Indikator
|
Skor
|
Sangat
sesuai sekali
|
10
|
Sesuai
|
8
|
Cukup sesuai
|
6
|
Kurang sesuai
|
4
|
Tidak sesuai
|
2
|
Total
skor essay = 50
Senin, 20 Februari 2012
Puisi Praktek
UJIAN PRAKTEK
Mata Pelajaran :
Bahasa dan Sastra Indonesia
Jumlah Soal : 1
Bentuk Soal :
Tes Ketrampilan
Bentuk Penilaian : Penampilan
/ Performance
Tahun
Pelajaran : 2011 - 2012
Standar
Kompetensi Lulusan (SKL) :
3.
Peserta didik
mampu membaca karya sastra berbentuk puisi dan membaca nyaring teks perangkat
upacara
Ruang Lingkup Materi :
- Membacakan puisi
Indikator :
Disajikan teks puisi, peserta didik
dapat membacakan teks puisi tersebut dengan memperhatikan suara, intonasi
(nada, tempo), dan ekspresi (mimik, kinestik)
Soal :
- Pilihlah salah satu puisi berikut !
- Bacakan puisi tersebut dengan memperhatikan suara, intonasi (nada, tempo), dan ekspresi (mimik, kinestik) !
Puisi Pilihan (terlampir )
Rubrik Penilaian
No.
|
Aspek
yang Dinilai
|
Skor
|
Ket.
|
||
16 -
20
|
10 -
15
|
5 - 9
|
|||
1
|
Penggunaan irama
|
||||
2
|
Penggunaan nada
|
||||
3
|
Penggunaan tekanan
|
||||
4
|
Penggunaan ekspresi
|
||||
5
|
Penggunaan gerak penyerta
|
||||
Total
Skor
|
Keterangan :
16 – 20 = jika penggunaan irama,
nada, tekanan, ekspresi, dan gerak penyerta sangat tepat
10 – 15 = Jika penggunaan irama,
nada, tekanan, ekspresi, dan gerak penyerta tepat
5 -
9 = Jika penggunaan irama,
nada, tekanan, ekspresi, dan gerak penyerta kurang tepat
Rumus : Nilai Membacakan Puisi =
Jumlah Skor
Format Penilaian Siswa
Kelas :
No.
|
Nama
|
Aspek
yang Dinilai
|
Total
Skor
|
||||
Irama
|
Nada
|
Tekanan
|
Ekspresi
|
Gerak
|
|||
Pilihan Puisi
- Sepasang Sepatu Tua
Sapardi Djoko Damono
sepasang
sepatu tua
tergeletak
di sudut sebuah gudang
berdebu
yang
kiri terkenang akan aspal meleleh
yang
kanan teringat jalan berlumpur sehabis hujan
keduanya
telah jatuh cinta
kepada
sepasang telapak kaki itu
yang
kiri menerka
mungkin
besok mereka akan dibawa ke tempat
sampah
bersama
seberkas surat cinta
yang
kanan mengira
mungkin
mereka besok diangkut truk sampah itu
dibuang
dan dibiarkan membusuk
bersama
makanan sisa
sepasang
sepatu tua
saling
membisikkan sesuatu
yang
hanya bisa mereka pahami berdua
- Sahabatku
Soekri St.
Papa,
Sebelum
pesta berlangsung
Izinkan
aku menengok ke belakang
Di
sana sahabatku yang miskin
Hidup
dengan berjualan koran
Papa,
Dia
teman sekelasku
Juga
lulus dalam ujian
Nilainya
yang tinggi
Sangat
kusayangkan
Kini,
Aku
minta kesediaan papa
Menyerahkan
biaya pestaku
Untuk
meringankan
Ongkos
masuk sahabatku di SMA
- Matahari Sudah Tua
Subagio Sastrowardoyo
Waktu
malam mulai suram
Nelayan
telah berhenti menjala
Dan
di pinggir kampung
Perempuan-perempuan
dengan bayi dipangku
Bercerita
tentang raja-raja yang tumbang
Dan
api gunung yang tidak lagi menyala
Pengembara
asing yang terdampar di pulau bertanya:
Darimana
kita berasal?
Kemana
kita bakal pergi?
Matahari
sudah tua
Apa
yang terjadi
Jika
ia tenggelam ke laut
Dan
tak terbit lagi?
Langganan:
Postingan (Atom)